MEMULAI BISNIS KOS – KOSAN ? HINDARI HAL – HAL BERIKUT INI

Bisnis kos – kosan dapat di bilang menjadi sebuah invetasi yang menggiurkan dengan prospek yang cukup baol. Harga yang naik mengikuti inflasi, sehingga tepat untuk diandalkan menjadi penghasilan pasif pada setiap bulan nya. Bila ini memulai bisnis kos – kosan ini, hindari lah melakukan kesalahan – kesalahan ini:

Perhatikan Hal-Hal yang Harus Dihindari Dalam Bisnis Kos

1. Menganggap remeh perencaaan bisnis

Sebagai pengusaha, langkah pertama yang harus dilakukan anda harus mempunyai sebuah perencanaan. Beberapa hal pertama yang harus anda pikirkan, contoh nya seperti bentuk gedung atau rumah kos – kosan, fasilitan dan layanan yang akan di sediakan, jangan lupa untuk menentukan target pasar yang akan dituju.

Lalu, jangan melewatkan hal – hal yang detail. Seperti biaya pembangungan atau renovasi, tariff sewa yang akan di berikan, perkiraan waktu saat balik modal dan lain – lain. Karena ini bukan hanya sekedar menerima bayaran di setiap bulan nya tetapi harus mengetahui progress keuangan yang untung atau merugi.

2. Merasa dapat mengerjakan segala sesuatu nya sendiri

Kesalahan yang biasa dilakukan oleh para pembisnis pemula adalah dapat mengerjakan segala sesuatu nya sendiri. Sifat mandiri memang sangat di bolehkan, tetapi untuk pembisnis pemula setidak nya mempunyai asisten yang dapat di percaya untuk membantu mengerjakan pekerjaan sehari – hari nya. Ini bertujuan agar pebisnis dapat fokus untuk mengembangkan bisnis nya.

Sesekali anda boleh untuk datang, memeriksa, memantau, dan menerima pembayaran. Tidak perlu memikirkan hal – hal kecil, karena sudah  di tangani oleh asisten anda.

3. Tidak beriklan

Memberikan iklan tetapi tidak harus mengeluarkan dana. Seiring dengan perkembang teknologi yang semakin modern, banyak media online gratis yang menyediakan layanan untuk memasarkan kos – kosan. Contoh nya seperti aplikasi OLX atau situs yang khusus mencari kos atau rumah sewa. Saat anda akan mengiklan kan kos – kosan anda, berikan keterangan secata lengkap dengan menuliskan keunggulan, fasilitas, layanan, dan harga sewa kos yang ada berikan. Tambahan berikan foto yang menarik pelanggan, agar pelanggan dapat membayangkan seperti apa kos – kosan yang akan calon pelanggan anda tempati.

Iklan ini penting untuk di lakukan karena bila hanya mengandalkan dari mulut ke mulut saja tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Bila di iklan kan di internet maka jangkauan nya pun lebih luas untuk sampai kepada masyarakat.

4. Tidak terlalu berpatok pada harga pasaran

Sebelum akan menentukan harga sewa kos – kosan, lebih baik untuk mengecek harga pasaran, agar tarif sewa yang diberikan tidak terlalu mahal. Harga pasaran dapat anda lihat di internet dan mengakses nya di Goole. Lihat juga fasilitas dan layanan yang diberikan oleh produsen lain agat lebih rinci perbandingan yang terlihat.

5. Melakukan perjanjian hanya secara lisan dengan stakeholder

Kebanyakan perjanjian penyewaan kamar antara pemilik dan penyewa dilakukan hanya dengan lisan. Tanpa ada nya MoU.

Padahal perjanjian tertulis ini sangat penting untuk dilakukan. Karena dapat melindungi ke dua belah pihak. Dengan begitu, pihak – pihak yang terkait, mau pun itu penyew, karyawan, atau pemilik kos sekali pun akan lebih bertanggung jawab dalam menjalankan hak dan kewajiban nya.

6. Tidak memaksimalkan keuntungan

Memang bisnis utama yang dijalankan adalah bisnis kos – kosan, tetapi jangan berpatokan pendapatan hanya dari uang sewa. Maksimal keuntungan juga dari bisnis sampingan yang juga dapat menunjang penghasilan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *